Pentingnya Motivasi


Motivasi merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah kegiatan belajar, kenapa demikian? karena dengan adanya motivasi dapat mendorong semangat belajar dari siswa dan sebaliknya dengan kurangnya motivasi malah justru dapat melemahkan semangat belajar dari siswa. Jadi sebuah motivasi merupakan suatu syarat mutlak bagi siswa dalam proses belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pengajar atau guru sebagai seorang pendidik harus mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan oleh siswanya. Contohnya seperti kebutuhan untuk mendapatkan prestasi, karena pada dasarnya setiap siswa atau pelajar mempunyai keinginan atau kebutuhan untuk meraih suatu prestasi pada bidangnya sendiri. Cukup banyak siswa yang tidak mendapatkan banyak motivasi dalam proses belajar yang membuatnya takut dan tidak mau mengambil suatu resiko dalam meraih prestasi pada proses belajarnya.

Setiap siswa memiliki pemahamannya tersendiri dalam tata cara belajarnya masing-masing. Mereka memiliki suatu gambaran tersendiri tentang dirinya. Meski setiap siswa memiliki gambaran atau pandangannya sendiri terhadap dirinya, guru tetap memiliki peranan penting dalam mengarahkan siswa agar tetap sesuai dengan peraturan atau dalam kata lain tidak menyimpang. Jika seorang guru lebih cenderung bersifat mengkritik atau merendahkan kemampuan dari siswanya, maka siswa akan lebih cenderung menilai diri mereka sebagai seseorang yang tidak mampu dalam belajar. Hal ini khususnya bagi anak-anak TK atau SD yang masih sangat muda. Jika hal tersebut terjadi mulai dari dini, maka akan berdampak pada masa depan anak tersebut yaitu mereka akan malas belajar dan bahkan tidak termotivasi dalam belajar. Namun, sebaliknya jika seorang guru memberikan penghargaan, mengkritik dengan tujuan untuk memperbaiki sikap siswa tanpa mencela atau menjatuhkan siswa maka akan membuat siswa atau anak tersebut lebih termotivasi untuk memperbaiki kesalahan, dan lebih termotivasi untuk belajar.

Berdasarkan dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa motivasi sangat memiliki hubungan yang sangat erat dengan suatu tujuan. Jadi, semakin tinggi dan berharganya suatu tujuan bagi sesorang, maka semakin kuat pula dorongan motivasinya. Penjelasan tentang fungsi-fungsi dari motivasi adalah sebagai berikut:

1. Mendorong sesorang atau individu untuk berbuat sesuatu. Motivasi berfungsi sebagai penggerak yang memberikan dorongan energi atau kekuatan kepada seseorang untuk bertindak.
2. Dapat menentukan arah tingkah laku atau perbuatan. Motivasi berfungsi untuk mencegah atau membatasi penyimpangan dari tujuan yang akan diraih.
3. Melakukan seleksi terhadap perbuatan. Motivasi berfungsi sebagai penentu dari perbuatan-perbuatan yang mana harus dilakukan oleh seseorang atau individu, yang selaras atau serasi guna untuk meraih suatu tujuan.

Setelah penjelasan motivasi berdasarkan fungsi-fungsinya. Lalu bagaimana strategi yang harus digunakan guru untuk menambah motivasi belajar pada siswanya. Strategi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memberikan apresiasi atau hadiah
Memberikan suatu hadiah atau penghargaan kepada siswa yang telah meraih prestasi dapat memacu semangat siswa tersebut untuk terus berkembang dan terus bersaing untuk mendapatkan prestasi.

2. Membiasakan untuk belajar dengan baik
Mengajarkan kepada siswa cara untuk belajar dengan baik, yakni dapat berupa menganjurkan siswa untuk belajar berkelompok. Dengan begitu siswa dapat diharapkan lebih termotivasi dalam mengulangi setiap materi yang telah diajarkan oleh guru.

3. Membantu kesulitan yang dihadapi siswa
Tidak seluruh siswa dapat memahami atau cepat mengerti akan setiap pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Disini seorang guru dituntut untuk lebih memahami setiap kondisi dari anak didiknya.

4. Menerapkan beragam variasi dalam belajar
Jika hanya dengan menerapkan konsep belajar yang sama setiap kali proses pembelajaran akan membuat siswa merasa bosan. Jadi dengan proses pembelajaran yang beragam atau bervariasi akan membuah siswa bersemangat dan tidak jenuh dengan cara pembelajaran dari guru.

5. Menggunakan beragam media pembelajaran
Menggunakan beragam jenis media pembelajaran juga dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar. Seperti menggunakan media visual ataupun media berupa audio visual.

Share Button